Sebuah Komitmen Membangun Kebersamaan

Bagi sebagian orang, undangan berbuka puasa bersama di bulan ramadhan akan banyak berdatangan baik dari teman, keluarga, komunitas, organisasi, atau tempat kerja. Namun, urgensi dari berbuka puasa bersama tersebut sering luput dari perhatian. Kebanyakan, urgensinya hanya untuk sekedar berkumpul dan menumbuhkan emosi dan merekat tali silaturahmi sesama terlebih di dalam forum keluarga. Baik memang tapi jika hanya itu urgensinya, apalagi di sebuah komunitas dan organisasi, akan terasa hambar dan membosankan. Karena ada hal lain yang harus lebih diperhartikan seperti membahas kemapanan organisasi tersebut baik dari segi efektifnya pelaksanaan semua program kerja atau yang lainnya.
Kali ini bagi saya undangan buka puasa bersama tersebut datang dari organisasi alumni pesantren Al-hikmah di wilayah Ciputat dan sekitarnya yang menamakan dirinya Himmah (Himpunan Mahasiswa dan Alumni Al-hikmah) yang tepatnya jatuh
pada sore hari tadi. Sekedar informasi, Himmah didirikan sekitar pertengahan tahun 2009 silam yang mana disahkan langsung oleh mendiang Almaghfurlah Abah Kiai Masruri langsung. Sayangnya selama tiga periode berlangsung organisasi tersebut vakum karena beberapa hal.
Tanpa berpikir panjang, saya mendatangi acara tersebut. Dalam acara tersebut, menariknya acara di buka dengan kebiasaan para santri yaitu tahlilan. Setelah itu ada beberapa sambutan yang disampaikan oleh para senior yang sengaja diundang. Terlihat dari sambutan tersebut ada keinginan dari senior untuk mengaktifkan kembali Himmah itu sendiri tentunya dengan memaksimalkan tenaga muda para alumni yang masih aktif sebagai mahasiswa. Keinginan tersebut nampaknya langsung direspon oleh alumni muda yang menyampaikan keinginan yang sama karena mempunyai kegelisahan bahwasannya tanpa wadah yang aktif seperti organisasi Himmah ini, alumni alhikmah bagaikan buih di lautan yang terombang-ambing ngalor-ngidul tanpa arah dan tujuan terbawa oleh arus ombak.
Singkat kata, semua yang hadir sepakat untuk berkomitmen membangun kembali Himmah kepada arah yang cerah. Bukan hanya kebersamaan dan tali silaturahmi saja nilai yang bisa diambil dalam acara tersebut, ada hal lain yang lebih berharga yaitu sebuah kepedulian terhadap sesam alumni untuk mengembangkan potensi diri semua alumni dengan wadah organisasi tersebut melalui program kerja yang nantinya akan dirancang oleh pengurus aktif yang terpilih. Selain itu juga, diharapkan dengan aktif kembalinya Himmah di ranah keorganisasian berbasis alumni pesantren ini, nama pondok pesantren tercinta alumni Al-hikmah bisa menjadi harum dengan kualitas alumninya yang mumpuni dalam segala bidang.
Dengan senang hati saya pribadi pun bersedia menjadi salah satu panitia untuk mensukseskan niatan baik tersebut yang akan dilaksanakan selepas syawal nanti.

Facebook Comments